Selamat Datang di Blok kami..............

Kamis, 28 April 2011

Kejujuran pada Kantin Kejujuran SMA Negeri 1 Watampone

Jujur adalah keseuaian ucapan dengan hati kecil dan kenyataan objek yang dikatakan.
Sikap jujur termasuk keharusan di antara sekian keharusan yang harus diterapkan oleh seseorang, jujur menjadi fundamen penting dalam membangunn sifat kebaikan dan kebajikan pada diri sendiri. Tanpa jujur, hidup akan kebimbangan apalagi bila dikuti dengan dusta dan kemunafikan. Pokoknya jadi orang harus jujur?
Lawan dari jujur adalah dusta. Dan dusta adalah dosa besar, sebagai mana firman Allah
“Kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.” (QS. Ali Imran: 61)
Nabi menganjurkan umatnya untuk selalu jujur karena kejujuran merupakan mukadimah akhlak mulia yang akan mengarahkan pemiliknya kepada akhlak tersebut, sebagaimana dijelaskan oleh Nabi,
“Sesungguhnya kejujuran membawa kepada kebajikan.”
Jujur merupakan sifat terpuji, Allah menyanjung orang-orang yang mempunyai sifat jujur, dan menjajikan balasan yang berlimpah untuk mereka. Termasuk dalam jujur adalah jujur kepada Allah, jujur kepada sesama dan jujur kepada diri sendiri.
Sifat jujur merupakan alamat keislaman, timbangan keimanan, dasar agama, dan juga tanda kesempurnaan bagi pemilik sifat tersebut. Baginya kedudukan yang tinggi di dunia dan akhirat. Dengan kejujurannya, seorang hamba akan mencapai derajat orang-orang yang mulia dan selamat dari segala keburukan.Kejujuran akan mendatangkan berkah dari Allah SWT. Amin. Percayalah.....
Nah Bagaimanakah penerapan Sikap Kejujuran pada siswa SMA Negeri 1 Watampone pada Kantin Kejujuran SMA Negeri 1 Watampone.
Simaklah uraian pengelola Kantin Kejujuran berikut ini.....
"Allah Melihat Malaikat Mencatat" adalah Motto yang ditanamkan Pada Kantin Kejujuran (KJ)
Kantin Kejujuran adalah ide yang sungguh brilian untuk mengubah nasib bangsa yang terpuruk gara-gara korupsi yang sudah dianggap sebagai "gawan bayi"!. Kantin Kejujuran merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam pendidikan Antikorupsi. Sifat jujur merupakan penangkal yang efektif dari virus korupsi. 
Nabi Muhammad SAW bersabda:
Sesungguhnyva kejujuran itu akan mengantarkan kepada jalan kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu akan mengantarkan ke dalam al- jannah (surga), sesungguhnya orang yang benar-benar jujur akan dicacat di sisi Allah sebagai ash-shidiq (orang yang jujur). Dan sesungguhnya orang yang dusta akan mengantarkan ke jalan kejelekan, dan sesungguhnya kejelekan itu akan mengantarkan ke dalam an- naar (neraka), sesungguhnya orang yang benar-benar dusta akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta. “ (HR. Al Bukhari no. 6094 dan Muslim no. 2606).

Kantin Kejujuran merupakan upaya untuk mendidik akhlak siswa agar berprilaku jujur. Kantin Kejujuran adalah kantin yang menjual makanan kecil dan minuman. Kantin Kejujuran tidak memiliki penjual dan tidak dijaga. Makanan dan minuman dipajang dikantin dan disediakan kotak uang, siswa mengambil dan menghitung sendiri uang kembalian dari dalam kotak tersebut.
Kantin Kejujuran ini memang sangat bagus, karena dapat mengasah anak untuk membiasakan diri jujur atau tidak membohongi diri sendiri, orang lain dan Allah Yang maha Melihat. Pembiasan yang sejak dini menciptakan generasi yang Insya Allah dapat memperbaiki negara ini menjadi lebih baik lagi. Tapi menyimak dan memantu pelaksanaan kantin di sekolah ini, masih ada siswa yang melakukan kecurangan di antaranya mengambil makanan dan minuman tanpa bayar, mengambil uang pada kotak uang, dan masih banyak hal-hal lain yang merugikan Kantin Kejujuran. Padahal sudah dilakukan sosialisasi tentang Kantin Kejujuran dan Bagaimana Sikap Jujur itu sendiri di sekolah. Akan lebih bagus kalau Sikap Kejujuran itu ditanamkan mulai dari kecil di lingungan keluarga masing-masing karena di situlah awal pembentukan diri pribadi siswa. Ada pepatah yang mengatakan Ala bisa karena terbiasa. Kalau memang sudah terbiasa sejak kecil maka di masa dewasanya terutama di masa SMA akan susah lagi untuk ditanamkan sikap kejujuran itu sendiri pada diri siswa yang sudah lama tertanam dalam dirinya. Hanya upaya kita di SMA menekan sifat dan tingkah laku yang tidak baik itu yaitu sifat dusta dan tidak jujur. 
Ya memang.... tapi sekarang ini Kantin kejujuran dicanangkan mulai dari Sekolah Dasar jadi pada tahun-tahun yang akan datang mudah-mudahan akan tertanan Nilai Kejujuran pada diri siswa dengan adanya Kantin Kejujuran.
Kepada siswa yang sering melakukan ketidakjujuran segeralah berupaya mengubah sifat tidak baik itu karena Andalah sebagai penerus bangsa, bagaimana nasib bangsa kita kalau penerusnya mempunyai sifat tidak jujur. Bertobatlah..... Allah Maha Pengampun....
Amin....

 

1 komentar: